Kenali Perbedaan Smart TV dan Android TV

Posted on

Selain menggunakan gadget seperti hp, laptop ataupun tablet. Menonton Youtube atau streaming film kini bisa dilakukan langsung melalui TV dengan syarat Anda harus memiliki sebuah smart TV. Sesuai dengan namanya, smart TV adalah ‘TV Pintar’ yang berbeda dari TV biasa. Salah satu perbedaan smart TV dan TV biasa ynag paling signifikan adalah keberadaan koneksi WiFi. Sehingga kita bisa terhubung ke internet untuk menikmati streaming film di Netflix, video,iFlix, atau nonton Youtube langsung dari TV. Sama halnya dengan hp, smart TV juga memiliki user interface. Beberapa merk smart TV memiliki UI sendiri. Yang menarik, ada juga TV yang menggunakan OS Android. Apa bedanya Smart TV dan Android TV? Yuk ikuti ulasan di bawah ini!

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Dari segi fungsinya, kedua jenis televise ini memiliki fungsi yang sama, namun terdapat beberapa perbedaan dari keduanya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Smart TV

Smart TV dilengkapi dengan koneksi WiFi yang bisa terhubung ke internet. Jadi pengguna dapat menonton film atau streaming film melalui situs atau beberapa layanan streaming tertentu. Tidak hanya itu, smart tv juga umumnya sudah mengintegrasikan Youtube dan bisa langsung digunakan. Beberapa merk smart tv juga menggunakan system operasi sendiri. Misalnya smart TV Samsung dengan system operasi Tizen, kemudian smart TV LG berjalan dengan webOS.

  • Android TV

Android TV dapat dikatakan menjadi generasi terbaru dari smart TV. Pasalnya, Android TV juga dilengkapi koneksi WiFi yang bisa terhubung ke internet. Perbedaannya, Android TV memiliki system operasi Android yang mirip dengan hp. Artinya, Android TV memiliki Google Play Store dan bisa menginstal aplikasi layaknya sebuah hp. Bahkan di beberapa Android TV bisa menggunkan perintah suara Google Assistant melalui remote.

Seiring perkembangannya, smart TV dan Android TV sudah semakin banyak bermunculan. Satu hal ynag menarik, kini harga smart TV dan Android Tv smeakin terjangkau. Hargab smart TV termurah kini berkisar 1 jutaan.   

Leave a Reply

Your email address will not be published.