cara membuat es kopyor

Cara Membuat Es Kopyor Segar Penghilang Dahaga

Posted on

Cara membuat es kopyor. Salah satu minuman dingin yang cocok dinikmati saat cuaca panas adalah es kopyor. Es kopyor merupakan minuman yang terbuat dari kelapa kopyor, sirup, dan bahan lainnya dan biasanya disajikan dingin dengan es.

Dibandingkan kelapa umumnya, kelapa kopyor mempunyai daging yang lebih lunak dan rasanya lebih manis. Jumlah airnya lebih sedikit dan aromanya berbeda dengan kelapa biasa. Meskipun kelapa kopyor memiliki banyak keunggulan daripada kelapa biasa, namun kepala jenis ini sudah didapat dan lebih mahal.

Cara membuat es kopyor gampang. Es kopyor yang segar dan manis ini sangat cocok diminum setelah beraktivitas, saat istirahat, bahkan saat berkumpul bersama keluarga dan teman.

Ada es kopyor yang terbuat dari kelapa kopyor, namun ada juga yang terbuat dari kopyor buatan. Kopyor buatan ini terbuat dari santan dan agar-agar saja. Baik es kopyor asli maupun yang menggunakan agar-agar, keduanya menyegarkan dan enak disantap.

Nah, seperti apa cara membuat es kopyor ini? Bagaimana cara membuat es kopyor? Simak terus sampai habis. Mesin Pengupas Kelapa

Cara Membuat Es Kopyor Segar

Bahan Agar-Agar

  • 1 sachet nutrijell rasa kelapa
  • 600 ml air kelapa atau air santan
  • 2 sachet kental manis
  • ¬Ĺ sdt garam
  • Es batu (secukupnya)
  • 330 ml air

Bahan Air Gula

  • 500 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 liter air kelapa atau air santan
  • Bahan Pelengkap
  • 2 sdm biji selasih
  • Sirup coco pandan (secukupnya)

Cara Membuatnya

  1. Siapkan es batu lalu taruh di dalam mangkuk kemudian rendam dengan air. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Siapkan panci lalu masukkan nutrijell, air kelapa atau air santan, kental manis dan garam kemudian aduk hingga rata.
  3. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan agar-agar mendidih.
  4. Matikan kompor lalu tunggu hingga uap panas hilang.
  5. Ambil es batu rendaman lalu tuang adonan agar-agar sedikit demi sedikit di atas es batu. Agar-agar otomatis akan membeku dan menyerupai daging kelapa kopyor. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Siapkan panci lalu masukkan air, gula pasir dan daun pandan. Rebus hingga mendidih.
  7. Tambahkan air kelapa atau air santan ke dalam air rebusan gula kemudian aduk rata.
  8. Masukkan biji selasih ke dalam mangkuk kecil lalu rendam dengan air panas. Tunggu hingga selasih mengembang lalu sisihkan.
  9. Siapkan wadah saji (mangkuk, gelas atau cup) lalu masukkan es batu, agar-agar kelapa kopyor, tuang air gula, sirup dan biji selasih secukupnya.
  10. Es kopyor siap disajikan.

Tips Memasak

  1. Selain pembekuan dengan es batu, kamu bisa membuat kelapa kopyor dengan menyerut agar-agar yang sudah set dengan tutup botol.
  2. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti nata de coco atau cincau sesuai selera.
  3. Kamu bisa mengganti rasa sirup sesuai selera.

Manfaat Kelapa Kopyor Untuk Kesehatan

cara membuat es kopyor

Mengatasi Demam Berdarah

Manfaat kelapa kopyor adalah dapat membantu mengatasi penyakit demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit akibat gigitan nyamuk pembawa virus Dengue. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

Mengonsumsi air kelapa kopyor dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Meskipun dapat dibantu dengan konsumsi kelapa kopyor dan makanan lain. Namun, tetap harus dilakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Menunda Penuaan Kulit

Dalam air kelapa kopyor memiliki kandungan asam laurat dan sitokin. Dua elemen penting ini dapat difungsikan dalam sistem pertumbuhan dan regulasi sel. Air kelapa ini memiliki peran yang cukup penting terhadap penuaan kulit, karena anti-karsinogenik dan anti-trombotik.

Kandungan ini bekerja dengan meminimalisir penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH, dan melindungi jaringan kulit.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kelapa kopyor lainnya bisa di katakan menjadi air super. Kelapa kopyor sangat kaya dengan nutrisi dan vitamin seperti niasin, riboflavin, thiamin, piridoksin, serta folat.

Air kelapa memiliki sifat anti-bakteri serta anti-virus yang mampu meningkatkan sistem ketahanan tubuh dan melawan infeksi virus.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan air kelapa kopyor dengan kelapa jenis lain umumnya sama. Dengan keseimbangan elektrolit dan plasma dari air kelapa, melansir PeerJ Latest Journal’s, dijelaskan membantu melancarkan aliran darah. Hal ini karena air kelapa bisa menopang untuk mengisi cairan dalam tubuh setelah berolahraga.

Melarutkan Batu Ginjal

Batu ginjal dapat muncul di salah satu atau kedua ginjal. Ini juga bisa ditemukan di urter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih). Batu ginjal dapat menimbulkan rasa nyeri dan berbagai komplikasi jika tidak segera ditangani.

Karenanya penting untuk mengeluarkan batu ginjal agar tidak terjadi komplikasi lebih serius. Melansir International Journal of Recent Scientific Research, manfaat kelapa kopyor menunjang dalam melarutkan batu ginjal dikarenakan memiliki kandungan kalium. Kandungan ini berperan penting dalam sistem alkali urin serta menghambat membentuknya batu ginjal.

Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan adalah kelompok organ yang memecah makanan untuk menyerap nutrisi. Jika pencernaan terganggu, tubuh secara tidak langsung akan kekurangan nutrisi.

Manfaat kelapa kopyor terdapat kandungan enzim bioaktif, seperti fosfatase, folat, katalase, diastase, dan dehidrogenase polomerase. Kandungan ini bekerja dengan melancarkan pencernaan serta metabolisme dalam tubuh.

Baik untuk Ibu Hamil

Morning sickness atau mual yang dialami saat hamil tentu bukan hal yang menyenangkan. Rasa mual dan keinginan untuk muntah bisa datang kapan saja, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar morning sickness tak mengganggu aktivitas, Moms bisa mengonsumsi kelapa kopyor.

Manfaat kelapa kopyor ini memiliki kandungan sodium, elektrolit, kalsium, dan potasium yang dapat meredakan mual dan mencegah muntah. Selain itu, kandungan tersebut juga dibutuhkan selama proses kehamilan.

Mengontrol Diabetes

Manfaat kelapa kopyor juga dapat membantu dalam mengontrol diabetes. Air kelapa, apabila dikonsumsi dengan teratur dapat menambah sirkulasi darah pada tubuh anda.

Proses ini membantu dalam memperlebar pembuluh darah yang dapat mengecil karena membentuknya plak dan menopang darah untuk mengalir lancar sehingga dapat mengurangi diabetes.

Itulah resep yang bisa kamu coba untuk membuat es kopyor yang segar. Silakan ikuti resepnya sesuai dengan kreativitasmu.

Selain gampang dibuat, es kopyor ini bisa menghilangkan dahaga saat cuaca panas. Jadi, segera coba dan ikuti resep cara membuat es kopyor ini, ya!.

Leave a Reply

Your email address will not be published.