kegunaan minyak serai wangi

Kegunaan Minyak Serai Wangi Untuk Bayi

Posted on

Minyak sereh atau citronella oil bukanlah hal baru di Indonesia. Manfaatnya telah digunakan selama puluhan tahun oleh masyarakat untuk berbagai hal. Tidak hanya itu, kegunaan minyak serai wangi juga baik untuk bayi dan anak-anak

Bahan alami ini memiliki aroma yang khas. Selain itu, ada banyak kandungan bermanfaat yang terkandung dalam minyak Citroella ini. Isinya juga aman di berbagai badan. Namun, harus diingat bahwa minyak serai wangi hanya bisa digunakan untuk pengobatan luar. Anda tidak dapat mengkonsumsinya dalam keadaan apapun.

Kegunaan Minyak Serai Wangi

kegunaan minyak serai wangi

1.  Pengusir nyamuk alami

Tidak seperti orang dewasa, bayi dan anak-anak belum mampu merespon gigitan nyamuk dan serangga dengan lebih baik. Takutnya nyamuk yang menggigitnya membawa penyakit dan menularkannya ke anak Anda. Penggunaan minyak serai pada kulit bayi lebih dianjurkan daripada lotion anti nyamuk yang dijual di pasaran.

Kulit bayi masih sangat sensitif dan dapat bereaksi bila lotion yang digunakan tidak sesuai. Minyak serai yang terbuat dari bahan-bahan alami akan melindungi si kecil saat tidur di malam hari atau jalan-jalan di luar di siang hari.

2. Pereda rasa nyeri

Bukan hanya kulitnya yang sensitif, anggota tubuhnya juga tidak sempurna. Bayi akan mudah sakit bahkan bengkak jika terkena sesuatu. Tentu saja Anda tidak bisa menggunakan minyak panas untuk menyembuhkannya.

Minyak serai adalah obat alami untuk meredakan nyeri pada persendian atau otot bayi yang sakit. Anda bisa mengaplikasikannya sambil memijat dengan lembut agar si kecil lebih nyaman.

3. Menurunkan stres

Siapa bilang bayi tidak bisa stres? Meski tidak tahu banyak hal, si kecil juga bisa stres karena banyak hal, lho. Tugas Anda sebagai orang tua adalah menenangkannya. Semprotkan minyak serai pada sprei dan bantal untuk memberikan sensasi aromaterapi pada si kecil.

Untuk membuatnya semakin nyaman, gunakan aroma minyak esensial serai wangi di kamar tidurnya. Dijamin, dia akan lebih cepat tertidur dan mengurangi tingkat stres.

4. Menyehatkan pencernaan

Mengoleskan minyak sereh ke perut bayi juga akan membantu menyehatkan pencernaannya. Senyawa yang ada dalam minyak serai akan mencegah pertumbuhan bakteri jahat dalam sistem pencernaan dan membuatnya lebih sehat.

Minyak sereh juga meredakan kembung pada si kecil. Serai yang dioleskan ke perut akan menekan gas usus dan segera mengeluarkannya.

5. Membantu detoksifikasi lebih cepat

Si Kecil tentu belum memiliki keterampilan untuk mengeluarkan racun dari makanan. Untuk membantu menghilangkannya, Anda bisa mengoleskan minyak serai di punggung, dada, dan perut. Selain aromanya, cairan tersebut akan meresap dengan baik ke dalam tubuh bayi dan membantunya mengeluarkan racun yang ada di dalamnya.

6. Menambah nafsu makan

Aroma minyak serai akan membantu si kecil cepat lapar sehingga ingin segera menambah porsi makannya. Berikan minyak serai untuk anak yang memiliki berat badan di bawah yang direkomendasikan.

Tetap beri aroma serai wangi saat si kecil sakit agar dia tetap semangat. Mereka harus melakukannya sebelum minum obat

7. Menghilangkan ruam

Gunakan minyak sereh dalam air mandi bayi. Bahan alaminya akan menghaluskan kulit si kecil. Selain itu, serai juga dapat menghilangkan dan mencegah ruam pada kulit bayi. Ruam pada bayi bisa timbul karena pemakaian popok yang salah atau alergi terhadap benda asing. Oleskan juga pada ruam setelah mandi untuk mempercepat penyembuhan.

8. Penyubur rambut

Anda juga bisa menggunakan minyak sereh pada rambut bayi. Intinya tentu saja membuat rambutnya lebih subur dan cepat tumbuh. Selain itu, bahan alami ini juga mencegah rasa gatal di kepala bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.