cara bikin sosis daging sapi

Cara Bikin Sosis Daging Sapi Yang Mudah dan Enak

Posted on
Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara bikin sosis daging sapi yang mudah dan enak. Sosis Daging Sapi sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga atau kerabat. Terkadang Sosis Daging Sapi juga dapat disajikan pada acara tertentu, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Prosedur Cara Bikin Sosis Sapi Secara Umum

Cara membuat sosis daging sapi meliputi beberapa tahap, yaitu:

1. Persiapan Bahan dan Bumbu

Bahan dan bumbu meliputi: Telur ayam, garam, tepung tapioka, penyedap rasa, bawang putih,  nitrat,  pengemulsi. Produk yang terbaik akan dihasilkan jika menggunakan bahan-bahan pilihan terbaik juga.

2. Penggilingan Daging Sapi

Proses ini bertujuan agar daging sapi memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga akan mudah dicampur dengan bahan bahan yang lain. Penggilingan daging sapi bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ataupun alat penggiling tradisional.

3. Pencampuran Daging dan Bumbu-Bumbu

Proses ini bertujuan untuk mencampurkan bumbu-bumbu dan daging sapi cincang secara merata agar nantinya sosis akan memiliki cita rasa. Caranya hanya tinggal mencampurkan daging yang sudah dicincang atau dipotong halus dengan bumbu dan rempah rempah dengan merata.

4. Proses Emulsifikasi

Pada proses ini akan ada potongan es yang ditambahkan ke dalam adonan sosis untuk mengurangi efek panas dari suhu ruangan sehingga protein daging sapi tidak rusak. Terjadinya emulsi yang stabil akan sangat dipengaruhi sekali oleh sifat fungsional dari protein daging sebagai pengemulsi. Selain daging, sumber pengemulsi yang lain yaitu konsentrat protein dan juga telur.

5. Pengisian Adonan Sosis Ke Dalam Selongsong

Adonan sosis akan dimasukkan ke dalam selongsong atau selubung sosis lalu akan dilakukan pengikatan yang sesuai dengan bentuk dan ukuran sosis yang sudah dikehendaki. Pengikatan bisa dilakukan secara manual atau menggunakan mesin pengikat.

6. Pemasakan (Perebusan atau Pengasapan) Sosis

Proses ini bertujuan untuk memasak, mengawetkan, dan meningkatkan cita rasa serta aroma sosis dan agar sosis menjadi kering.

7. Pengeluaran Dari Selongsong Sosis

Tidak semua jenis produk sosis yang dimasukkan ke selubung dikeluarkan dari selongsong. Sosis yang telah dikupas akanperlu dikemas lagi ke dalam wadah. Beberapa jenis produk sosis sapi menggunakan selongsong yang bisa dimakan isi dan selongsongnya sekaligus selongsongnya.

8. Pengemasan Sosis Daging

Sosis yang telah dikupas tadi akan di masukan dalam kemasan plastik dan sudah bisa dipasarkan dan di distribusikan. Pengemasan bisa dilakukan dengan menggunakan mesin maupun manual, serta kemasan disesuaikan dengan ukuran sosis.

Cara Bikin Sosis Daging Sapi Yang Mudah dan Enak

Sebelum memulai membuat Sosis Daging Sapi yang anda perlu siapkan adalah beberapa bahan-bahan dan peralatan.

Bahan-Bahan Untuk Bikin Sosis Daging Sapi

  • Persiapkan 300 gram daging yang sudah digiling
  • Persiapkan 2 butir telur ayam
  • Persiapkan 1 sendok makan tepung maizena/tapioka
  • 1 sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Tambahkan 1 sendok teh cengkeh bubuk
  • Persiapkan 1 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Mentega secukupnya untuk menggoreng
Cara membuat Sosis Daging Sapi sebenarnya tidak begitu sulit, jika anda sudah melengkapi semua kebutuhan bahan dan alat yang telah disebutkan di atas. Pertama pertama awali dengan Bentuk sebuah bulat adonan daging sapi sesuai selera, kemudian dibaluri dengan telur dan digoreng dengan minyak panas sampai setengah matang. Sisa telur tadi akan dicampurkan saat menggoreng adonan daging sapi selanjutnya. Angkat daging sapi yang sudah setengah matang tadi, sisihkan lalu lanjut Masukkan mentega yang panaskan dengan minyak sisa menggoreng adonan daging sapi, kemudian masukkan adonan daging kembali, tambahkan telur sisa tadi. Goreng sampai matang dan berwarna kecoklatan lalu angkat beserta dengan menteganya dan berikut ini adalah langkah-langkah lengkapnya.

Cara Bikin Sosis Daging Sapi

  1. Campurkan daging yang sudah digiling dengan semua bahan yang ada, telur ayam hanya digunakan 1 butir saja untuk campuran adonan daging sedangkan sisanya untuk membungkus adonan saat digoreng
  2. Bentuk bulat adonan daging sesuai selera, kemudian dibaluri dengan telur dan digoreng dengan minyak panas sampai setengah matang. Sisa telur tadi akan dicampurkan saat menggoreng adonan selanjutnya.
  3. Angkat daging sosis sapi setengah matang, sisihkan
  4. Masukkan mentega yang panaskan dengan minyak sisa menggoreng adonan daging sapi, kemudian masukkan adonan daging kembali, tambahkan telur sisa tadi.
  5. Hidangkan dengan nasi hangat, tambahkan mentega Kini anda dapat menghidangkan Sosis Daging Sapi yang nikmat untuk disantap bersama keluarga dan kerabat.
Sangat mudah bukan membuat masakan Sosis Daging Sapi? Nah itulah pembahasan kita terkait cara bikin sosis daging sapi yang mudah dan enak. Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.