manfaat tutup botol bekas

Manfaat Tutup Botol Bekas dan Kerajinan dari Tutup Botol Bekas

Posted on

Manfaat tutup botol bekas sangat beragam, salah satunya yaitu dapat dibuat kerajinan tangan yang bermanfaat. Umumnya botol bekas yang digunakan hanyalah bagian tubuh botolnya saja, sedangkan bagian tutupnya sering diabaikan. Padahal tutup botol tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan dari tutup botol yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Artinya yaitu seluruh bagian botol tersebut memiliki nilai ekonomi yang jika ditekuni dengan baik akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Tinggal seberapa kreatif dari masing-masing orang dalam mengolahnya menjadi barang yang berguna.

Kerajinan dari Tutup Botol

manfaat tutup botol bekas

Kerajinan dari tutup botol bekas merupakan salah satu kerajinan yang memanfaatkan limbah tutup botol untuk dibuat menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi. Sampai saat ini masih belum banyak orang yang membuat jenis kerajinan dari tutup botol bekas.

Padahal jika kalian melihat peluang dan bisa memanfaatkannya dengan baik, tutup botol bekas bisa menghasilkan omzet yang besar. Bahkan kerajinan ini berpeluang dapat menciptakan lapangan kerja baru jika target pasarnya jelas serta peminatnya banyak.

Kerajinan tutup botol merupakan salah satu kerajinan yang di buat dari bahan khusus yaitu tutup botol bekas. Kalian bisa mencoba membuat kerajian ini, caranya kalian cukup siapkan tutup botol yang sudah tidak terpakai dan tutup botol juga dapat di temukan dimana saja.

Manfaat Kerajinan dari Tutup Botol Bekas

Selain itu kerajinan dari tutup botol memiliki banyak manfaat, lalu apa saja manfaat yang di dapat dari kerajinan dari tutup botol? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kerajinan dari tutup botol bekas:

1. Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Penumpukan limbah plastik seolah-olah menjadi hal yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Pemerintah masih belum menemukan cara untuk mengolah dan menguranginya agar supaya tidak menumpuk lebih banyak serta membuat pencemaran lingkungan.

Bagi kalian yang berusaha memanfaatkan tutup botol dan dibuat aneka kerajinan, maka kalian secara tidak langsung telah berpartisipasi dalam mengurangi pencemaran lingkungan karena limbah ini. Akan tetapi lebih baik lagi jika kalian menyalurkan pengetahuan kerajinan tersebut ke orang lain guna mengurangi pencemaran.

2. Meningkatkan Kreativitas

Saat ini sudah terdapat beberapa kerajinan dari memanfaatkan tutup botol, mulai dari yang mudah dibuat sampai memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Kalian bisa mencontoh dari yang sudah ada atau mengembangkannya selaras dengan imajinasi dan kreativitas yang kalian miliki.

Membuat kerajinan secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitas dan keuletan seseorang menjadi lebih baik. Apabila kreativitas yang dimiliki berkembang, bisa saja kalian menemukan ide-ide yang tidak terduga sebelumnya.

3. Mata Pencaharian Sampingan

Selain dapat meningkatkan kreativitas seseorang, jika kerajinan ini ditekuni dengan baik juga bisa dijadikan sebagai mata pencaharian sampingan. Misalnya, di sini kalian adalah pekerja kantoran dari Senin sampai Jumat dan memiliki banyak waktu luang di hari Sabtu serta Minggu.

Dua hari kosong tersebut jika tidak ada acara maupun kegiatan bisa kalian manfaatkan untuk membuat kerajinan dari tutup botol bekas. Kalian juga bisa mengajarkan ke keluarga atau tetangga untuk memanfaatkan limbah tutup botol untuk menambah keuangan.

Contoh Kerajinan dari Tutup Botol Bekas

Dibawah ini beberapa contoh kerajinan dari tutup botol bekas yang bisa kalian tiru:

1. Kerajinan Tatakan Gelas atau Piring

Umumnya tatakan gelas atau piring terbuat dari benda yang mudah pecah serta memiliki bentuk dan tampilan yang menarik. Akan tetapi, kalian juga bisa membuat tatakan tersebut dengan tutup botol.

Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi kerajinan yang satu ini terbilang sangat unik. Kalian bisa membuat tatakan kerajinan dari tutup botol mineral dalam berbagai bentuk selaras keinginan.

Agar supaya lebih menarik, kalian bisa mengecatnya selaras warna yang diinginkan. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit, kalian hanya butuh kesabaran dan juga ketelitian.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Kawat tipis
  • Tutup botol seragam
  • Tang
  • Lilin
  • Korek api
  • Cat warna
  • Kuas

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama susun terlebih dulu tutup botol dengan bentuk sesuka kalian. Contoh kali ini akan membuat tatakan kerajinan dari tutup botol dalam bentuk kotak agar supaya lebih mudah menyusunnya.
  2. Kemudian setelah susunan kalian rasa sudah tepat, lubangi bagian sisi masing-masing tutup botol yang saling terhubung satu sama lainnya.
  3. Cara membuat lubangnya cukup mudah yaitu dengan panaskan kawat tipis menggunakan lilin, kemudian lubangi di tempat yang tepat.
  4. Lakukan langkah tersebut hingga seluruh tutup botol sudah terlubangi.
  5. Selanjutnya sambungkan tutup botol satu dengan yang lainnya menggunakan kawat tipis melalui lubang yang sudah dibuat tadi sebelumnya.
  6. Sambungkan seluruhnya dan pastikan tidak ada celah serta ikatannya terikat kuat.
  7. Jika ingin mewarnai, gunakan cat warna selaras pilihan masing-masing.
  8. Agar supaya cat lebih cepat mengering, jemurlah di bawah terik sinar matahari.
  9. Tatakan dari tutup botol ini bisa menggunakan tutup botol plastik maupun tutup botol soda dan sejenisnya.

2. Kerajinan Jam Dinding

Model jam dinding yang beredar di pasaran sangat beragam dan biasanya terlihat sangat modern. Bentuk dari jam dinding yang beredar juga beragam, mulai dari kotak klasik, lingkaran, love, dan model jam dinding lainnya. Harga dari jam dinding juga beragam, tergantung dari mesin serta brand dari jam tersebut.

Sekarang kalian bisa membuat jam dinding sendiri dengan memanfaatkan tutup botol bekas. Membuat kerajinan dari tutup botol bekas jam dinding ini memiliki tingkat kerumitan sedang.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Tutup botol plastik
  • Karton putih dan berwarna
  • Cat warna
  • Lem
  • Gunting
  • Kuas
  • Mesin jam
  • Triplek atau kardus
  • Bor

Cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Pertama siapkan terlebih dulu peralatan di atas, jangan sampai ada yang tertinggal. Mesin jam dapat kalian beli di toko jam atau menggunakan mesin jam yang sudah ada sebelumnya.
  2. Langkah awal membuat kerajinan dari tutup botol plastik yaitu dengan membuat badan utama jam tersebut.
  3. Kalian bisa menggunakan triplek atau kardus bekas untuk membuatnya. Sebagai contoh, di sini akan membuat jam dinding dengan bentuk kotak.
  4. Mulailah dengan memotong bentuk kotak selaras ukuran tutup botol atau sekitar 30 x 30 cm.
  5. Buat jarum menggunakan kertas karton dua lapis agar supaya lebih kuat. Baik jarum panjang maupun pendek, sebaiknya menggunakan warna yang berbeda. Akan tetapi boleh juga menggunakan warna yang sama agar supaya seragam.
  6. Selanjutnya buat lubang di tengah kotak sebagai tempat jarum. Pembuatan lubang bisa menggunakan bor agar supaya lebih rapi.
  7. Cat terlebih dulu 4 tutup botol, kemudian 8 tutup botol sisanya.
  8. Dengan menggunakan cat ini, tulis angka di masing-masing tutup botol tersebut. Pada 4 tutup botol yang lebih besar, gunakan untuk menulis angka 12, 3, 6 serta 9.
  9. Setelah cat mengering, mulailah menyusunnya di atas triplek atau kardus yang sudah disiapkan sebelumnya.
  10. Jika susunannya sudah tepat, mulailah memberinya lem agar supaya melekat sempurna. Tunggu sampai lem benar-benar mengering dan kalian bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  11. Sekarang, pasang mesin jam dari belakang dan pastikan tempat untuk jarumnya masuk di lubang yang sudah dibuat tadi sebelumnya.
  12. Tempelkan mesin jam itu menggunakan lem secara merata.
  13. Pasang jarum jam yang sudah dibuat sebelumnya di tempat mesin jam tersebut.
  14. Pada saat memasangnya, pastikan ada jarak antara jarum panjang dengan pendek agar supaya bisa berjalan dengan baik.
  15. Sekarang coba mengetesnya dengan memasang baterai di mesin jam, lihat apakah jam bergerak atau tidak sama sekali.
  16. Agar supaya hasil akhir kerajinan dari tutup botol ini rapi, kalian bisa menambahkan bingkai pada jam tersebut.
  17. Jika jam ingin ditempatkan di meja, maka tinggal menambahkan penyangga di belakang jam tersebut.

3. Kerajinan Tempat Lilin Sederhana

Tutup botol dapat dipakai sebagai tempat untuk lilin kecil yang sederhana. Walaupun terlihat sederhana, akan tetapi jika ditempatkan di meja makan atau meja ruangan tamu akan memberikan kesan yang sedikit romantis.

Bisa juga lilin kecil ini digunakan pada saat mati lampu. Ketika kalian menggunakan lilin kecil tersebut sebaiknya juga diawasi agar supaya lelehan lilin tidak melebar kemana-mana.

Alat dan bahan yang dibutuhkan tidak banyak, kalian hanya membutuhkan crayon, tutup botol dari botol kaca serta api untuk memanaskan. Berikut cara/langkah-langkah membuatnya:

  1. Langkah awal membuat kerajinan tempat lilin dari tutup botol yaitu mempersiapkan tutup botol minuman soda atau sejenisnya dalam jumlah secukupnya.
  2. Kemudian lelehkan terlebih dulu crayon di dalam kaleng atau tempat lain menggunakan api yang sedang.
  3. Setelah benar-benar meleleh, tuangkan crayon ke dalam tutup botol tersebut.
  4. Beri sumbu kecil di dalamnya dengan ketinggian yang bisa diatur selaras keinginan kalian.
  5. Bagian sumbu juga diberi lelehan crayon agar supaya dapat berdiri tegak. Jangan lupa sisihkan sedikit yang tidak diberi lelehan crayon agar supaya dapat dinyalakan.
  6. Dan lilin kecil sederhana sudah jadi dan dapat dipakai kapan saja.

Itulah pembahasan saya mengenai manfaat tutup botol bekas. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat tutup botol bekas dan kerajinan dari tutup botol bekas ini, kalian juga bisa mengetahui tentang kerajinan dari botol bekas yang mudah yang ada di link ini. Semoga pembahasan ini bermanfaat serta memberikan pengetahuan baru mengenai manfaat tutup botol bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.