manfaat jamu beras kencur

Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ternyata Sangat Banyak

Posted on

Beras kencur adalah ramuan tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiat jamu beras kencur juga beragam, mulai dari menambah nafsu makan dan menjaga energi hingga mengurangi kram perut. Memang sudah tidak bisa diragukan lagi manfaat jamu beras kencur ini.

Minuman menyehatkan ini terbuat dari beberapa bahan herbal lainnya, terutama rempah-rempah. Bahan utama yang membuat nasi kencur adalah akar kencur dan nasi. Kencur adalah salah satu bumbu umum dalam masakan Indonesia dan minuman herbal tradisional.

Dalam kingdom tumbuhan, kencur dikenal dengan nama Kaempferia galanga, tumbuhan dari keluarga jahe-jahean, terutama ditemukan di daerah terbuka Indonesia, Cina bagian selatan, Taiwan, dan Kamboja. Sekilas, akar atau rimpang kencur mirip dengan jahe, namun rasanya cukup berbeda.

Kencur ini bertubuh penuh dan memiliki aftertaste yang sangat kuat. Kencur adalah sumber pati, seng, etil ester, borneol, paramarin, dan mineral asam sinamat dan nutrisi bermanfaat lainnya, dan telah bertanggung jawab atas banyak penggunaan obat tradisional selama berabad-abad, terutama di beberapa bagian Asia Tenggara.

1. Nafsu makan meningkat

Manfaat beras jamu kencur yang pertama adalah membantu meningkatkan nafsu makan. Anak-anak Nusantara biasa makan nasi herbal karena dianggap memiliki sifat karminatif dan menambah nafsu makan.

Konsumsi nasi kencur secara rutin juga dapat meningkatkan nafsu makan anak dan meningkatkan stamina tubuh. Kencur juga memiliki manfaat untuk menebalkan lapisan lambung sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah maag yang menyebabkan lapisan lambung menipis.

2. Meningkatkan energi

Manfaat beras jamu kencur selanjutnya adalah membantu meningkatkan energi. Kenkool dikenal dapat meningkatkan energi. Rebus 2 cm kencur dalam 1 gelas air dan minum setiap malam sebelum tidur. Sebagai alternatif, Anda bisa makan nasi kencur siap minum yang biasanya dijual oleh distributor jamu.

Setelah meminum jamu kencur, Anda akan merasa segar dan berenergi. FYI, banyak resep dupa Tibet dan Jepang masih mengandung rimpang ini, terutama yang meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan lingkungan batin untuk kedamaian dan meditasi.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat jamu beras kencur yang ketiga adalah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Herbal yang dibuat dengan kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan menghilangkan racun, termasuk kolesterol jahat.

4. Meredakan Batuk

Manfaat beras herbal yang keempat adalah membantu meredakan batuk. Anda bisa mengkonsumsi jamu beras kencur untuk mengobati gejala awal batuk. Anda bisa membuat ramuan herbal ini sendiri dengan cara mencuci, mengupas, dan menggiling akar kenkor.

Tempatkan conkor parut di atas kain dan tekan untuk mengekstrak jus. Tambahkan sedikit perasan jeruk lemon dan madu secukupnya, lalu minum air perasan kink ini 3 kali sehari sampai gejala batuk anda mereda.

5. Kulit sehat

Manfaat beras herbal kencur yang kelima adalah menyehatkan kulit. Sejak zaman dahulu, banyak wanita Indonesia yang mengonsumsi ramuan ini untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulitnya. Konsumsi beras Kencur secara teratur diketahui dapat membantu mengobati jerawat dan mencerahkan serta mengencangkan kulit.

Selain diminum secara rutin sebagai obat herbal, beras kencur juga dapat digunakan sebagai masker perawatan kulit. Jika ingin hasil yang cepat, perawatan dari luar dan dalam tubuh ini akan membantu mengatasi masalah kesehatan kulit.

6. Mencegah Kanker

Manfaat beras kencur untuk kesehatan dapat mencegah masalah kanker.Kencur mengandung etil p-metoksisinamat, obat anti kanker. Kandungan yang terdapat dalam Ramuan Beras Kenkuru dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati hepatoseluler. Dengan menghambat pertumbuhan sel kanker hati hepatoseluler, kanker dapat dicegah. Khasiat beras kenkur untuk kesehatan memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.