Membuat Lulur Kopi

Membuat Lulur Kopi

Posted on

Membuat lulur kopi, kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya bagi bapak-bapak saja, saat ini kopi juga menjadi minuman yang digandrungi oleh semua kalangan, termasuk kaum muda. Seiring berjalannya waktu, banyak coffee shop kekinian yang menawarkan aneka jenis kopi.

Beberapa orang mungkin mengandalkan secangkir kopi di pagi hari untuk meningkatkan energi dan metabolisme setiap hari. Meskipun kopi paling banyak digunakan sebagai minuman, kopi juga dapat bermanfaat sebagai obat alternatif untuk kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidannya.

Kopi memiliki kandungan fenol yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas jika tak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan kulit. Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

Menurut berbagai sumber, kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline dan asam klorogenat.

Sementara secangkir kopi dapat memberikan antioksidan secara internal, manfaat kopi untuk kulit dapat diperoleh secara topikal seperti dengan membuatnya menjadi masker, scrub, atau pasta dari bubuk kopi segar dan mengaplikasikannya langsung pada kulit. Penggunaan lulur secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih halus, bersih dan sehat.

Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit tampak lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Hal ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu kulit agar tetap kencang dan bercahaya.

Kopi dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit serta membuatnya tampak lebih halus. Adapun beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari kopi jika digunakan sebagai lulur alami. Mesin kopi.

Cara Membuat Lulur Kopi

Cara membuat lulur alami berikutnya kamu bisa memanfaatkan kopi yang telah dimanfaatkan banyak orang sebagai bahan utama membuat lulur alami. Butirannya kecil lembut di kulit dan efektif menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit.

Ada beberapa bukti ilmiah bahwa kafein dapat membantu mengurangi penampilan selulit. Kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan selulit dan penumpukan sel kulit mati. Berikut cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir bubuk kopi
  • Air hangat secukupnya
  • 1 sendok teh minyak kelapa, dihangatkan.

Cara menggunakan:

  1. Tambahkan bubuk kopi dan air hangat ke mangkuk. Aduk rata dengan sendok.
  2. Tambahkan minyak kelapa. Jika perlu, tambahkan lebih banyak ampas kopi atau lebih banyak minyak untuk mendapatkan konsistensi pasta.
  3. Bersihkan tubuh dan luluri kulit dengan campuran ini. Gunakan jari-jari untuk memijat lulur dengan lembut, dengan gerakan memutar pada kulit. Pijat selama 5-10 menit untuk eksfoliasi kulit.
  4. Luangkan 1-2 menit untuk setiap bagian tubuh.
  5. Bilas hasil luluran dari tubuh setelah didiamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat untuk melembabkan kulit.

Manfaat Lulur Kopi

1. Mengurangi Selulit

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Sebuah penelitian menemukan bahwa kafein dapat membantu pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Manfaat kopi bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakan lulur kopi. Karena pengelupasan kulit yang disebabkan oleh lulur kopi, kulit menjadi lebih halus dan memberikan tampilan warna kulit yang merata.

2. Kulit Menjadi Rileks

Menggunakan kopi sebagai lulur alami dapat membuat kulit menjadi lebih rileks, terutama jika seharian sudah tersengat terik matahari. Meskipun kopi terkenal dengan efek stimulasi di dalam tubuh, kopi dapat memberikan efek sebaliknya saat dioleskan pada tubuh. Ini berkat antioksidan di dalamnya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar UV dapat menyebabkan photoaging, tetapi mengoleskan lulur kopi ke wajah dan tubuhmu dapat membalikkannya pada kondisi semula.

Sebuah penelitian menemukan bahwa bubuk kopi memiliki efek perlindungan pada kulit dengan mencegah kerutan dan garis halus, serta melindungi kulit dari photoaging. Mengoleskan kopi langsung ke kulitmu dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus pada kulit.

4. Mencegah Kanker Kulit

Kopi sangat kaya kandungan vitamin B3 (niacin) berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelline. Namun, trigonelline terurai menjadi niacin setelah biji kopi dipanggang.

Menurut Skin Cancer Foundation, niacin dapat membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

5. Mengelupas Sel Kulit Mati

Menggunakan lulur kopi di seluruh tubuh dan wajah saat mandi, secara otomatis membuat kulit menjadi lembut saat disentuh. Hal ini dikarenakan lulur dari bubuk kopi dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Jika kulit mati biasanya jadi pemicu tampilan kulit terlihat kasar. Belum lagi aroma kopi yang menyegarkan, cukup untuk membangkitkan indra penciumanmu.

6. Mencegah Jerawat

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. Kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Dikombinasikan dengan pengelupasan alami karena bubuk kopi, semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat pada wajah atau pun tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.