Cara Membuat Roti Goreng

Posted on

Cara membuat roti goreng, roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi.

Namun dengan kemajuan teknologi, manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Mesin penepung diskmill serbaguna.

Roti termasuk makanan pokok di banyak Negara Barat dan Timur Tengah. Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi segar yang dikemas rapi dalam plastik.

Dalam beberapa budaya, roti dipandang sangat penting sehingga menjadi bagian ritual keagamaan. Roti adalah makanan olahan tertua di dunia. Bukti dari 30.000 tahun lalu di Eropa memperlihatkan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan.

Kemungkinan pada waktu itu tepung sudah mulai diekstraksi dari umbi-umbian, misalnya dari tumbuhan jenis Typha dan tumbuhan paku. Tepung ini ditebarkan di atas batu yang datar, dibakar dengan api, menjadi flatbread primitif.

Sekitar tahun 10.000 SM, dengan munculnya era neolitikum dan perkembangan pertanian, biji-bijian menjadi bahan utama roti. Bibit ragi belum dikenal, sehingga adonan mengembang secara alami, tanpa banyak campur tangan manusia.

Ada beberapa sumber teknik pengembangan roti pada awalnya. Ragi yang ada di udara bisa didapat dengan membiarkan adonan yang belum matang terekspos udara beberapa waktu sebelum dimasak.

Pliny the Elder melaporkan bahwa Bangsa Galia dan Iberia menggunakan bir yang sudah diskim yang disebut barm untuk membuat roti yang lebih ringan dari yang biasa dibuat orang.

Di daerah kuno yang lebih mengenal minuman anggur daripada bir, menggunakan pasta dari jus anggur dan tepung untuk memulai fermentasi, atau biji gandum yang direndam dalam anggur sebagai sumber ragi. Sumber paling utama dari pengembangan roti saat itu adalah teknik roti asam.

Pada tahun 1961 proses roti Chorleywood dikembangkan, yang menggunakan penggunaan mesin untuk mengurangi masa fermentasi dan waktu pembuatan adonan.

Proses ini, yang memungkinkan penggunaan biji-bijian berprotein lebih rendah, kini banyak digunakan di berbagai pabrik roti dunia. Sebagai hasilnya, roti bisa dibuat lebih cepat dengan biaya lebih rendah bagi produsen maupun konsumen. Hanya saja, banyak kritik berdatangan atas efeknya terhadap nutrisi roti.

Cara Membuat Roti Goreng

Bahan-Bahan :

  • 260 gr terigu protein tinggi
  • 30 gr gula
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 butir telur
  • 100 ml susu cair
  • 30 gr mentega
  • garam secukupnya
  • vanili bubuk secukupnya.
  • Sosis secukupnya untuk isian
  • Tepung panir secukupnya untuk lapisan

Cara Membuat :

  1. Campur telur dan susu cair, total campurannya 180 ml. Ayak tepung terigu, dan vanili bubuk. Sisihkan.
  2. Lalu campur terigu, gula, ragi instan, dan tambahkan campuran telur dan susu, jangan masukkan semua sekaligus.
  3. Uleni hingga setengah kalis. Tambahkan garam dan mentega. Uleni hingga kalis.
  4. Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat lalu pipihkan. Letakkan potongan sosis di tengah. Lalu satukan dua ujungnya.
  5. Celupkan ke dalam air, lalu gulingkan ke dalam tepung panir. – Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat.
  6. Panaskan minyak goreng. Goreng dengan api kecil hingga matang keemasan kedua sisinya.

Manfaat Roti

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi banyak serat dapat membantu kamu menjaga perkembangan bakteri baik pada usus. Bakteri baik dalam usus dinilai mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan usus.

2. Mengontrol Berat Badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, roti gandum menjadi jenis makanan yang bisa kamu konsumsi setiap pagi. Berbeda dengan roti tawar putih, roti gandum memiliki jumlah kalori lebih rendah dibandingkan dengan roti tawar putih.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi roti gandum menjadi kebiasaan yang baik dan punya manfaat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan biji-bijian dalam roti gandum dapat membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang memicu gangguan pada jantung.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Kronis

Kandungan dalam roti gandum membuat kamu terhindar dari berbagai risiko penyakit kronis. Penelitian dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh British Medical Journal, mengatakan dengan meningkatkan pengonsumsian makanan yang mengandung gandum dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan kematian yang menjadi komplikasi penyakit tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.