Aneka Rasa Keripik Singkong Yang Enak Dan Renyah Tahan Lama

Posted on

Aneka rasa keripik singkong yang enak dan renyah tahan lama – Singkong kini sudah menjadi bahan dasar untuk berbagai macam camilan. Salah satu olahan makanan yang berbahan dasar dari singkong paling populer adalah keripik singkong. Makanan ringan yang satu ini sangat disukai oleh semua kalangan yang ada di indonesia.

Keripik singkong ini bisa Anda temui diberbagai tempat di indonesia. Hampir di setiap pusat perbelanjaan sampai warung pinggir jalan menjual keripik singkong. Baik yang diproduksi dari pabrik besar atau produksi rumahan. Bukan hanya itu, untuk membuat keripik singkong ini sangat mudah sehingga Anda pasti bisa membuatnya sendiri.

Dengan Anda membuatnya sendiri dirumah, itu akan membuat budget menjadi lebih hemat dibandingkan Anda membelinya dipusat perbelanjaan. Bukan hanya budget saja yang lebih hemat, akan tetapi keripik singkong yang Anda buat sendiri ini bisa menggunakan berbagai macam bahan tambahan untuk menambahkan cita rasa pada keripik singkong yang Anda buat sendiri. Bukan hanya keripik singkong, es krim oreo juga bisa Anda buat sendiri. Cara membuat es krim oreo sangatlah mudah.

Aneka rasa keripik singkong ini sangatlah bermacam-macam. Dari rasanya yang bermacam-macam, Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera Anda. Bukan hanya rasanya saja yang bermacam-macam, namun keripik singkong ini bisa Anda buat agar menjadi renyah tahan lama walaupun Anda membuatnya sendiri dirumah. Untuk membuatnya dibawah ini akan kami beritahu cara membuat keripik singkong dengan aneka rasa keripik singkong.

Aneka Rasa Keripik Singkong Yang Enak Dan Renyah Tahan Lama

Untuk membuat keripik singkong supaya menjadi lebih renyah tahan lama ini sangat mudah untuk Anda praktikan sendiri dirumah. Dengan aneka rasa keripik singkong yang bermacam-macam Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dnegan selera. Maka dari itu, dibawah ini akan kami beritahu Anda cara membuat keripik singkong yang renyah tahan lama dengan aneka rasa keripik singkong yang bermacam-macam.

1. Keripik singkong original

Aneka Rasa Keripik Singkong Yang Enak Dan Renyah Tahan Lama

Bahan:

  • 2 kg singkong (dikupas dan cuci bersih kemudian diiris tipis)
  • Air panas
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt garam
  • Minyak

Cara membuat:

  1. Pertama, rendam terlebih dahulu singkong yang sudah diiris menggunakan air panas. Tunggu sampai airnya hangat.
  2. Kemudian cuci bersih singkong yang sudah direndam tadi sampai air cuciannya tidak keruh dan singkongnya tidak licin. Buang air cucian dan tiriskan.
  3. Lalu tambahkan bawang putih halus dan garam. Aduk sampai merata dan diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah itu, goreng singkong sampai singkong garing dan berwarna kecokelatan. Tiriskan 2x, yang kedua ditiriskan denga cara disebar diatas wadah yang sudah dialasi dengan tisu dapur atau kertas minyak. Agar tidak berminyak.
  5. Kemudian masukkan keripik kedalam wadah yang kedap udara. Jangan tutup wadah sebelum keripik benar-benar dingin.
  6. Setelah itu keripik singkong pun siap untuk disajikan.

2. Keripik singkong balado

Aneka Rasa Keripik Singkong Yang Enak Dan Renyah Tahan Lama

Bahan:

  • 1 kg singkong
  • 10 buah cabai merah
  • 6 cabai rawit
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm gula merah
  • Minyak goreng (secukupnya)

Cara membuat:

  1. Pertama, kupas terlebih dahulu singkong yang sudah disiapkan lalu cuci hingga bersih. Iris singkong tipis-tipis, lalu rendam dalam air dan beri garam sedikit.
  2. Kemudian goreng singkong dalam minyak panas sampai garing, angkat dan sisihkan.
  3. Setelah itu, haluskan cabai dan bawang putih mengunakan blender, lalu tumis bumbu halus sampai harum menggunakan minyak panas dan masukkan gula pasir, garam dan gula merah, aduk sampai bumbu mengental seperti karamel. Lalu koreksi rasa dan angkat tunggu sampai hangat.
  4. Kemudian masukkan singkong yang sudah digoreng, aduk sampai bumbu tercampur sempurna.
  5. Setlah itu, keripik singkong balado pun siap untuk disajikan.

3. Keripik singkong bumbu asin

Aneka Rasa Keripik Singkong Yang Enak Dan Renyah Tahan Lama

Bahan:

  • 500 gram singkong (dikupas lalu kukus sampai 1/2 matang)
  • Minyak
  • Garam

Cara membuat:

  1. Pertama, iris tipis-tipis terlebih dahulu singkong yang sudah dikukus kemudian goreng sampai garing kecokelatan. Tiriskan, lakukan sampai singkong habis.
  2. Kemudian masukkan keripik singkong kedalam wadah tertutup dan tambahkan garam secukupnya lalu kocok sampai garam tercampur rata.
  3. Setelah itu, keripik singkong pun siap untuk disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.