Cara Menyembelih Sapi Qurban

Posted on

Cara menyembelih sapi qurban, hewan qurban pada hari raya idul adha, bagi umat islam akan melaksanakan shalat idul adha dengan dilanjutkan penyembelihan hewan qurban, jika anda menyembelih hewan qurban ada cara yang harus diikuti, dan dimulai dari tahap persiapan hingga tahap penyembelihan.

Penyembelihan yang dilakukan sesuai dengan sunah rasulullah muhammmad saw, yang mengerjakan ibadah menyembelih hewan qurban. jika anda menjadi panitia penyembelihan hewan qurban harus wajib tau tata cara dan adab menyembelih hewan qurban sesuai dengan sunnah rasulullah agar hewan sah untuk dikonsumsi.

Olahan daging sapi ini menggunakan bumbu rempah-rempah yang dapat menghasilkan rasa yang nikmat dan juga berkhasiat bagi tubuh anda dan segala  masakan disajikan dengan nasi cocok banget di lidah apalagi olahan daging sapi di olah berbagai jenis macam makanan lainnya, dan banyak pencinta makanan daging sapi mulai dari anak-anak, dewasa hingga orangtua.

Kali ini artikel, menjelaskan fiqih  tata cara menyembelih hewan qurban sesuai dengan sunnah rasulullah muhammad saw. dan menjelaskan dua tata cara hewan qurban yaitu ada dalam keterangan hadis rasulullah yang pertama, menyembelih hewan dengan melukai bagian kalung atau bisa disebut dengan pangkal leher, olahan daging qurban sangat bisa dijadikan sate dan jenis-jenis makanan lainnya.

 Kedua menyembelih melukai dengan bagian leher paling atas ujung leher, cara menyembelih pada umumnya binatang kambing, ayam, dan lainnya.

Cara Menyembelih Sapi Qurban

1. Menghadap kiblat

Diriwayatkan dalam hadis:

“Saya (Imam As-Syafii) menyukai agar sembelihan dilakukan dengan menghadapkannya ke arah Kiblat.” (HR. Al-Hawi: 15/94)

Dan jika seandainya lupa atau sengaja tidak membaca basmallah akan qurbannya tetap sah, jika sengaja tak membaca basmallah hukumnya makruh.

2. Menghadapkan hewan ke kiblat

Jika anda sebelum melakukan proses untuk penyembelihan disunnahkan mengahadap kearah kiblat bagi penjagal atau penyembelih, begitu pun hewan disembelih synnahkan untuk dihadapkan ke kiblat.

3. Menajamkan pisau jauh dari hewan

Ketika hendaknya tak mengasah pisau atau pedang hadpakan hewan qurban karena akan khawatir membuat berlarian atau takut ada riwayat yang menyebutkan bahwa dilarang mengasah pisau atau pedang diadapan hewan tersebut.

4. Tidak menyembelih hewan di depan hewan lain

Tak menyembelih hewan qurban persis hadapan hewan qurban lainnya, itu karena khawatir bisa membuat berlari ketakutan.

5. Mengucap Basmallah

Dalam ajaran islam disunnahkan bagi penjual qurban untuk selalu membaca basmallah sebelum menyembeli hewan qurban.

6. Menyembelih dengan cepat

Penyembelihan hewan qurban dilakukan dengan menggorokkan pisau kedepan dan kebelakang dengan kuat dan cepat serta pisau tajam, sesuai dengan haditsnya riwayat Ibn Al-Asy’as dari Syaddad bin Aus, Nabi (saw) bersabda:

“Sesungguhnya Allah swt sudah mewajibkan untuk segala sesuatu, jika kalian menyembelih maka perbaguslah dalam penyembelihan, dan tajamkanlah pisau kalian, serta tenangkanlah hewan sembelihannya.”

7. Dua saluran harus putus

Dalam madzhab syafiiy ada 2 saluran yang wajib di putus ketika hewan disembelih. hal tersebut yaitu  saluran nafas (hulqum) dan saluran makanan (marii’).

Cara Menyembelih Sapi Qurban

Dan oleh karena itu sebab berqurban itu memiliki banyak keutamaan. Pahala berqurban begitu sangat banyak. Bahkan Rasulullah SAW menjelaskan setiap helai rambut dan bulu hewan qurban itu dihitung pahala bagi orang yang berqurban.

Untuk hari raya idul adha merupakan hari besar bagi umat muslim , menyembelih hewan qurban ini biasanya seperti, sapi, kambing, menyembelih ada tata cara berqurban yang harus diikutin.

Yang paling utama yaitu dirobohkan hewan dengan kepala hadap kiblat, awali dengan membaca bismillah dilakukam sekali dengan gerakan potong pada leher hewan qurban, kemudian menggantungkan kaki kebelakang hewan setelah disembelih, ikat daluran makanan dan dubur hewan tersebut.

Setelah itu akan dilakukan pengulitan secara perlahan keluarkan isi dalam hewan kemudian dipisahkan bungkus dengan terpisah dan plastik khusus makanan dan yang paling terutama jagalah kebersihan daging qurban tersebut.

Hewan qurban disunnahkan oleh dan di wajibkan bagi orang islam yang mampu untuk menyembelih hewan qurban, dalam melaksanakan qurban mendapatkan pahala dan bermanfaat bagi mereka yang memakan daging hewan qurban. Baca juga sebagai berikut ini Resep Brownies Keju Panggang Lembut

Leave a Reply

Your email address will not be published.