Ciri-Ciri Hewan Kurban Yang Sehat

Posted on

Ciri-Ciri Hewan Kurban Yang Sehat, hewan yang untuk kurba hari raya idul adha adalah salah satu kriteria yang perlu anda mungkin menilai hewan kurban sehat dari ukuran hewan, semisalnya gemuk ataupun kurus, hewan kurban yang sehat.

Jika anda mendapatkan hewan terak sehat kondisinya baik, pembeli harus melihatnya langsung dan untuk memilihnya sendiri, oh iya selain itu juga apabila adanya diberi oleh penjual tanpa mengetahui keadaan hewan sesungguhnya, ketika terdapat hewan sakit maupun tampak sakit, hewan tersebut tidak boleh disembelih.

Dalam perkembangan zaman saat ini, sebagaian masyarakat dapat memiliki untuk membeli hewan kurban secara online dan selain itu untuk meminimalisasi kontak membeli hewan kurban dengan secara online dapat lebih praktis namun pembelian secara online meminta penjual mengirimkan foto atau video hewan tersebut, dan menghemat waktu, dan metode untuk membeli hewan kurban bisa online dan bisa juga secara langsung agar mengetahui kondisi hewan kurban tersebut.

Pastika ketetapan usia hewan kurban  dalam syariat, syariat yang sah hewan dapat dijadikan  kurban minimal umur 1 tahun jika untuk jenis kambing, serta minimal berumur 2 tahun jenis sapi, telah dijelaskan secara fifiologis hewan usia tersebut masuk tahap pendewasaan, dan pada umur menginjak dewasa diharapkan sudah cukup banyak dagingnya.

Untuk hal tersebut, pastikan pada usia hewan kurban yang memilikipilihan kriteria. Dalam secara bahasa kurban ini adalah berarti mendekatkan diri, oleh karena itu menurut istilah menyembelih hewan sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt. Pada dasarnya tak semua sapi, kambing, dan unta memiliki kondisi fisik yang sempurna dan layak dikurbankan saja. Cara Menjual Kue Kering Secara Online

Ciri-Ciri Hewan Kurban Yang Sehat

Ciri-Ciri Hewan Kurban Yang Sehat

Apabila anda hanya diberi oleh penjual tanpa mengetahui keadaan hewan yang sesungguhnya, nah ciri-ciri yang perlu pembeli ketahui , sebagai berikut :

1.  Tidak Dikebiri

Jika anda membeli hewan kurban misalnya jantan, pastikan terlebih dahulu bahwa testisnya yang masih lengkap dan bentuknya simetris dan begitupun kejenis hewan betina.

2. Tidak Cacat Fisik

Untuk itu anda memastikan hewan kurban anda yang ingin membelinya dan ciri-ciri hewan kurban baik tak ada cacat fisik, seperti kaki sempurna, telinga lengkap, kulit bersih, bulunya mengkilap, serta gigi sudah tumbuh dengan sempurna.

3. Wajah Cerah

Jika hewan kurban jantan maupun betina, anda perlu memastikan bentuk wajah, hewan kurban sehat umumnya berwajah cerah licin haltersebut arti segar dan tidak pucat.

4. Usia Hewan

Untuk usia hewan perlu diperhitungkan, kambing usia idealnya lebih dari satu tahun, sapi lebih dari dua tahun dan unta lima – enam tahun.

5. Kondisi Tubuh

Hal tersebut, kondisi hewan ternak dalam keadaan sehat, nafsu makan normal, suhu tubuh sekitar 39-40 derajat Celcius, tinja dan urine normal, lubang kumlah hidung, telinga, anus, kelamin terlihat bersih.

Yaitu yang pembahasan tentang ciri-ciri hewan kurban yang sehat, jika anda ingin membeli atau suatu saat nanti membeli hewan kurban mengetahui ciri-ciri  hewan sehat tersebut dapat bermanfaat, dan bukan hanya itu ajaloh ad juga ciri-ciri hewan yang tak sehat sebagai berikut ini :

Ciri-Ciri Hewan Kurban Tak Sehat 

Oh iya tak hanya kondisi hewan kurban yang sehat saja loh, Adapun ciri-ciri hewan kurban tak sehat sebagai berikut ini, dan harus diperhatikan jika anda membeli hewan kurban dengan telitih.

  1. Bulunya kotor
  2. Kulit hewannya kotor
  3. Napasnya sesak
  4.  Dan lubang kumlah keluar darah hitam, dan jika terjadi ini mengindikasikan kondisi hewan sakit.
  5.  Suhu badan melebihi dapat mencapai 40 derajat Celcius
  6. Tinja dan urine berwarna kemerahan.

Untuk itu mengenai ciri-ciri hewan kurban sehat, dan ada juga ciri-ciri hewan kurban tak sehat, ada juga perawatan hewan sebelum dilakukan kurban sebagai berikut ini :

Perawatan Hewan Sebelum Disembelih 

Walaupun akhirnya hewan ternak akan disembelih, kondisinya harus juga diperhatikan supaya tak stres hal berikut ini yaitu.

  • Patikan dipriksa kondisi tubuh kemyeluruh tak sakit
  • Kemudian istirahatkan hewan di tempat teduh
  • Kondisikan suasana tempat berteduh nyaman sehingga hewan ternak tenang dan tidak panik, itulah beberapa ciri-ciri hewan kurban serta penyakit yang perlu anda ketahui supaya membeli bisa lebih selektif dalam memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.