Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Posted on

Jenis sapi kurban di indonesia, kembali merayakan kemenangan lewat perayaan iduladha menjadi hari besar dipenuhi dengan makna akan pengorbanan peristiwa yang pada umumnya dilakukan pada perayaan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt. Analisah Usaha Roti Bakar

Kalian tau gak sih berbicara mengenai pengorbanan yang dimaksud, peristiwa yang berhubungan peringatan hari raya iduladha sejatinya denga identik kesediaan seseorang dalam menyisihkan harta mereka yang dimiliki untuk berkurban hewan yang akan disembelih jenis sesuai dengan syariat agama.

Dalam di kehidupan masyarakat ada beberapa jenis hewan kurban dan dijumpai, sebutan sapi, kambing, dan domba. Akan tetapi berbicara mengenai impian hampir semua umat muslim dalam memperoleh amal perbuatan yang maksimal lewat hal ini, menjadikan sapi atau kambing hewan kurban.

Dalam melakukan hewan kurban sembelih dinilai bisa memberikan manfaat dan keberkahan besar untuk banyak orang karena hal tersebut di setiap momen perayaan iduladha tak sedikit orang ingin berkurban berlomba mendapatkan sepi dan kambing kualitas terbaik dibudidayakan di tanah air tercinta.

Bukan hal yang sulit, untuk mengingatkan saat ada banyak jenis sapi memang dikhususkan momen hari raya iduladha. Dan ada apa saja jenis sapi ? saat hari raya iduladha ? yang bisa ditemu ? berikut ini ada beberapa jenis- jenis sapi yang ada di indonesia untuk hewan kurban, sebagai berikut :

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

1.  Sapi Limosin

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Sapi limosin adalah salah satu jenis sapi yang memberikan hewan kurban ke setiap daerah dalam memperingati hari raya iduladha dari tahun ketahun, memiliki bentuk tubuh yang besar, panjang, padat, jenis pertama dikembangbiakan sebagai hewan pedaging memiliki kualitas terbaik.

Untuk sapi ini memiliki bobot lahir terbilang kecil yaitu 39 kilogram betina, dan 42 kilogram jantan,pertumbuhan sapi sangat cepat hingga pertambahan bobot mencapai 1 kilogram hingga 1,4 kilogram per hari, tak heran jika sapi limosin dewasa bisa mencapai lebih dari 1 ton, untuk harganya bisa mencapat sekitar Rp.90 Juta Rupiah.

2. Sapi Brahman

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Sapi brahaman ini memiliki fisik berupa tubuh besar dibandingkan dengan sapi lokal, tujuan hewan sembelih atau potong sapi ternak dengan sistem pembesaran jangka  mencapai bobot 500 kilogram, dalam waktu 2 tahun.

Salah satu hewan perternakan sapi brahman yang unggul dan pertumbuhan bobot setiap hari dapat mencapai 0,8 kilogram per hari sehingga diperoleh sapi jantan dewasa dengan bobot 800 kilogram.

3. Sapi Angus

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Sapi angus jenis ini merupakan bentuk sapi hitam, jeni sapi sangat populer sebgai sapi potong ternak yang dimanfaatkan untuk hidangan steak , daging sapi diketahui berkualitas sangat baik dan kandungan lemak sedikit dan serat padat.

4. Sapi Brangus

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Sapi brangus adalah yang merupakan bentuk dari perkawinan silang antara sapi brahman dan angus dapat menghasilkan sapi mudah untuk pelihara dan diternak, memiliki keunggukan dari masing-masing induk dikawinkan secara silang.

Dalam keunggulan jenis sapi ini disebut tahan terhadap cuaca panas, gigitan serangga, mudah untuk menyesuaikan diri dilingkungan sekitar dan produktifitas tinggi terbukti bobot pada sapi ini bisa mencapai hingga 1. 800 kilogram sampai 1. 200 kg sapi brangus betina.

5. Sapi Madura

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Sapi madura mempunya sebaran asli madura, untuk sapi madura memiliki bahwa kontribusi sapi cukup besar mencapai 24 persen kebutuhan sapi potong , sapi ini dijadikan sebagai transportasi kedalaman madura yang sebut sapi pajikaran. dan sapi karapan selama ini banyak digunakan sapi jenis kelamin jantan.

6. Sapi Bali

Jenis Sapi Kurban Di Indonesia

Sapi bali jenis salah satu sapi lokal yang murni dari indonesia, ciri khas warna putih bagian kakinya bentuk dan karakteristik yang sama dengan banteng, merupakan hewan ternak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat petani bali, selain dijadikan sebagai sapi potong.

Jenis sapi ini membajak sawah tegalan, serta dapat menghasilkan pupuk kandang yang berguna mengembalikan kesuburan tanah pertanian, berat badan sapi ini harian bisa mencapai o,8 kg perhari pada umur 1,5 tahun bobot sapi ini juga mencapai 217 kilogram. dalam perkembangan zaman tahun ketahun dan masih banyak lagi sapi lainnya, jika anda berniatan untuk membeli hewan kurban semoga di permudahkan dan diberikan kelancaran Aamiinn.

Sapi adalah hewan ternak anggota bovidae dan subfamili brovine, sapi pelihara terutama dimanfaatkan susu dan daging sebagai pangan manusia, seperti daging, kulit dan lainnya dimanfaatkan sebagai keperluan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.