Manfaat Keripik Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat keripik singkong untuk kesehatan tubuh – Singkong merupakan makanan yang termasuk dalam jenis umbi-umbian. Umbi-umbian ini memiliki beberapa nama yang banyak dikenal oleh masyarakat yang ada di indonesia, seperti ketela pohon dan umbi kayu. Singkong memang memiliki banyak jenis yang juga terdapat di berbagai daerah yang ada di indonesia. Jadi tidak heran apabila nama dari singkong sendiri ada beberapa jenis.

Bukan hanya itu, jenis dari singkong memang cukup banyak sehingga Anda harus membedakan singkong yang bisa dikonsumsi dan dijadikan keripik dengan singkong yang tidak boleh atau tidak bisa dikonsumsi atau juga dijadikan keripik singkong. Walaupun singkong ada yang beracun, namun ada beberapa keripik singkong yang tetap bisa dikonsumsi ketika racunnya dibuang.

Untuk menghilangkan racun yang ada dalam singkong biasanya membutuhkan proses yang cukup lama, Seperti perendaman dan lain sebagainya. Meskipun ada beberapa jenis singkong yang tidak bisa langsung diolah menjadi makanan karena racunnya, singkong tetap memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Singkong memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda apabila Anda mengonsumsinya.

Singkong juga biasanya dibuat menjadi olahan keripik yaitu keripik singkong. Olahan keripik singkong kini banyak dicari oleh masyarakat, karena dari cita rasa yang lezat dan cocok dijadikan cemilan pada saat lebaran. Dalam proses pembuatan keripik singkong ini bisa menggunakan mesin keripik singkong untuk memotongnya. Manfaat keripik singkong pun sangatlah baik untuk tubuh Anda apabila mengonsumsinya. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat keripik singkong untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Keripik Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Keripik Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjadi sumber serat untuk tubuh

Singkong yang menjadi bahan utama dalam pembuatan keripik singkong ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dan juga memiliki manfaat sebagai sumber serat yang bagus untuk tubuh manusia. Sehingga singkong yang digunakan untuk membuat keripik singkong ini bisa menurunkan resiko penyakit stroke, jantung, kanker, usus besar, dan bisa mengendalikan diabetes.

2. Sumber karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori yang 2x lipat lebih besar dibandingkan dengan kentang. Sehingga tidak salah apabila singkong menjadi salah satu makanan pokok yang menjadi sumber karbodidrat. Karena didalam 100 gram singkong terdapat kandungan 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

3. Protein tinggi

Singkong merupakan salah satu makanan yang lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan kacang-kacangan, namun yang lebih menarik adalah singkong ini memiliki kandungan protein yang tinggi jika dibandingkan dengan kentang dan pisang. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan protein ketika mengonsumsi singkong.

4. Mengandung vitamin K

Dalam kandungan singkong, singkong mengandung vitamin K. Vitamin K memiliki fungsi untuk membangun masa tulang, sehingga tulang akan terjaga ketahanannya. Selain itu, vitamin K juga berperan penting dalam penyembuhan pasiean alzheimer. Sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita alzheimer atau pelupa. Karena vitamin K ini dapat membatasi kerusakan yang ada pada saraf otak.

5. Mengandung vitamin B kompleks

Tanaman singkong juga merupakan salah satu dari sumber vitamin B kompleks dan beberapa vitamin seperti folates, riboflavin, thiamin, piridoksin atau vitamin B-6 dan asam pantotenat. Salah satu kandungan yang bernama riboflavin bisa berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh serta membantu dalam memproduksi sel darah merah sehingga orang yang memakan singkong pastinya akan terhindar dari penyakit anemia. Sama seperti pada resep membuat es krim rumahan juga mengandung vitamin ini lho.

6. Mengandung mineral yang sangat penting

Singkong ataupun keripik singkong ini sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber adanya mineral, seperti magnesium, seng, besi, mangan dan tembaga. Bukan hanya itu, kandungan kalsium yang ada pada singkong juga bisa membantu Anda untuk mengatur tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.