Tes Psikologi

5 Tes Psikologi Online Yang Wajib Diketahui

Posted on

Tentunya akan sangat menyenangkan jika seseorang dapat mengetahui kepribadian diri sendiri dari sudut pandang psikologi. Tes psikologi sendiri berguna untuk mengetahui kepribadian seseorang. Dengannya seseorang akan lebih mudah untuk mengetahui dirinya sendiri dan bisa mengevaluasi diri secara lebih baik.

Akan tetapi, jika melakukan tes dengan psikolog ahli, tentnuya akan cenderung lama dan, tidak perlu dikatakan lagi, biaya yang mahal. Hambatan-hambatan ini mengubah direksi orang-orang untuk mencari alternatif tes psikologi online yang murah, atau bahkan gratis, dan dapat menunjukkan hasil dengan cepat.

Dengan mudahnya akses tes di internet ini tentunya banyak orang yang akan dan telah mencobanya berulang kali. Terdapat banyak website yang memberikan fasilitas seperti ini yang dirangkum sebagai berikut:

1. Psychcentral.com

Website ini adalah platform yang memberikan informasi umum terkait psikologi dimulai dari kesehatan mental sampai hubungan romantis. Dan tentu saja menyajikan tes online dari berbagai kategori.

2. Skillsyouneed.com

Kemajuan dunia internet telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan pola hidup manusia secara general.  Saat ini sudah ada website yang memberikan assessmen dari sudut pandang keterampilan dalam bersosial, komunikasi serta teamwork.

3. 16personalities.com

Website ini mungkin yang paling populer karena berbasis tes MBTI yang menunjukkan hasil karakteristik seperti INFJ, INFP, ENTP, dan lain sebagainya. Website yang satu ini memiliki pembahasan yang menyeluruh terhadap setiap kategorinya.

4. Psychologytoday.com

Banyaknya saluran informasi yang dapat diakses di berbagai tempat dan berbagai situasi waktu memudahkan hampir segalanya. Psikotes pun bisa dilakukan secara  online di website ini, yang berfokus pada 6 kategori yang berupa karir, IQ, personalitas, serta relationship.

5. IHHP.com

Tes online ini seringkali tidak memungut biaya sama sekali, menjadikannya alternatif yang populer. Tes dari website ini cenderung menekankan pada kualitas emosi yang berupa Emotional Intelligence Quiz yang akan mengukur kecerdasan emosi seseorang.

Website tes psikologi diatas cenderung memiliki fokus yang berbeda dari satu sama lain, jadi pastikan untuk menelaah dahulu sebelum menggunakannya. Hasil dari website ini pun tidak bisa dipastikan akurat jadi untuk hasil yang lebih akurat disarankan untuk menemui ahli psikologi.