Cara Membuat Adonan Bakso Dan Resepnya

Posted on

Cara membuat adonan bakso dan resepnya – Makanan Indonesia yang tidak kalah terkenal dengan makanan luar negeri adalah bakso. Bakso yang biasa disebut dengan pentol ini banyak peminatnya dari luar negeri. Menurut KBBI, bakso adalah makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dihaluskan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya berbentuk bulat. Hanya di Indonesia

banyak jenis bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan sekarang bakso tidak lagi hanya sekedar bakso tapi bisa diisi dengan berbagai macam hal lainnya. Bakso bisa diisi dengan telur puyuh, telur ayam, sambal, sambal, sosis, dan keju. Tidak hanya isinya, cara penyajian bakso juga bervariasi, ada yang menggunakan sambal biasa saja, ada juga yang dibakar, dan ada yang ditumis dengan sambal.

Cara Membuat Adonan Bakso Dan Resepnya

Cara Membuat Adonan Bakso Dan Resepnya

Selain isi dan cara penyajiannya, bentuk dan ukuran bakso juga yang sangat bervariasi. Tak hanya kalangan itu saja, banyak penjual bakso yang kemudian berinovasi ada yang berbentuk kotak, berbentuk hati, sampai barbel. Memang, orang Indonesia ini terlalu kreatif. Bakso bahkan sudah menjadi makanan terfavorit mantan presiden AS Barack Obama saat masih kecil yang tinggal di Indonesia.

Seperti jajanan kaki lima lainnya, sejarah bakso masih menjadi misteri. Ada kemungkinan sop dan mie berasal dari China, namun pentol bisa saja berasal dari Belanda yang menjajah Indonesia pada abad ke-19, isi sisa baksonya tidak diketahui. Ide bisa dijadikan sebagai ide usaha bakso, seperti ide jualan sosis bakar.

Bakso biasanya terdiri dari kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tetapi karena semakin banyak inovasi bakso maka jenisnya juga banyak. Variasi cara membuat bakso juga bermacam-macam, mulai dari cara membuat bakso otot sampai cara membuat bakso telur.

Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjual bakso. Karena persaingannya yang semakin ketat di antara para trader, mereka pun berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Demi mendapatkan penghasilan yang lebih banyak, tidak sedikit yang kemudian menggunakan cara-cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh para pedagang bakso.

Bahaya Bakso Dicampur Boraks

Sempat heboh bakso yang dicampur boraks dengan dalih agar bakso lebih awet. Padahal boraks sendiri bisa menyebabkan penyakit kanker hati. Berikut ini cara mengenali bakso menggunakan boraks itu mudah:

  • Bakso boraks memiliki tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika Anda melemparkannya, bakso akan memantul dan tidak menempel di lantai.
  • Jika Anda membeli bakso, biarkan di tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso masih awet, tidak ada lalat atau serangga lain yang mendarat atau bahkan lewat begitu saja.
  • Bakso boraks cenderung lebih putih
  • Bakso boraks memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Bahaya Bakso Tikus

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, ada juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Bakso tikus ini cenderung mudah pecah kalau dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya bahkan lebih amis. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, diduga daging yang digunakan adalah daging tikus.

Wah, ngeri bukan kalau ternyata bakso yang dijual di pinggir jalan bahkan restoran menggunakan bahan-bahan yang berbahaya dan pasti berdampak buruk bagi kesehatan kita. . Penasaran bagaimana cara membuat berbagai macam bakso? Cara membuat bakso itu mudah.

Sebelum Anda mulai, Anda memutuskan daging apa yang akan digunakan. Apakah Kamu akan membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan, atau udang? Tapi jangan khawatir, di sini kami akan menunjukkan cara membuat bakso menggunakan daging sapi, ayam, ikan, dan udang.

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal

Bahan pentol bakso:

  • Kg daging sapi, haluskan
  • 50 gr tepung kanji dan 1 butir telur
  • Lada bubuk sdt dan garam 1 sdt
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • Es batu 40 g, hancurkan dan air 2 l

Cara membuat bakso pentol :

  1. Masukkan daging giling di dalam mangkuk, campur tepung terigu, telur, merica bubuk, garam dan bawang putih yang dihaluskan. Campur atau uleni dengan tangan ataupun bisa juga dengan menggunakan alat sampai semuanya tercampur rata.
  2. Kalau dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka Anda bisa menambahkan es batu secara perlahan hingga dirasa adonan bisa dibentuk.
  3. Rebus air dalam panci hingga mendidih. Ambil adonan daging dengan menggunakan tangan dan bentuk bulat baik dengan kedua tangan ataupun dengan satu tangan ditekan sampai adonan keluar melalui jari telunjuk dan ibu jari.
  4. Masukkan adonan yang sudah dibentuk di dalam air panas. Lanjutkan hingga semua adonan habis.
    Kalau pentol sudah mengapung maka pentol sudah matang. Mengangkat. Anda bisa menggunakan mesin pembuat bakso, Anda bisa membelinya agar proses membuat bakso lebih cepat dan praktis.

Cara Membuat Bakso Daging Ayam

Bahan pentol :

  • 1 kg ayam, tanpa tulang, giling
  • 50 gr tepung kanji dan 1 butir telur
  • Lada bubuk sdt dan garam 1 sdt
  • Bawang putih 4 siung, haluskan dan bawang merah goreng 2 sdm
  • Es batu 40 g, hancurkan dan air 2 l

Bagaimana membuat :

  1. Masukkan ayam giling ke dalam mangkuk, campurkan tepung terigu, telur, merica bubuk, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau uleni dengan menggunakan tangan atau bisa juga dengan menggunakan alat sampai semuanya tercampur rata.
  2. Kalau dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka Anda bisa menambahkan es batu secara perlahan hingga dirasa adonan bisa dibentuk. Rebus air dalam panci sampai mendidih
  3. Ambil adonan daging dengan menggunakan tangan dan bentuk bulat baik dengan kedua tangan ataupun dengan satu tangan ditekan sampai adonan keluar melalui jari telunjuk dan ibu jari. Masukkan adonan yang sudah dibentuk di dalam air panas.
  4. Lanjutkan sampai semua adonan habis. Kalau pentol sudah mengapung maka pentol sudah matang. Mengangkat. Itulah beberapa ulasan mengenai cara membuat adonan bakso, semoga bermanfaat!