Bingung Pilih Beasiswa? Ini Jenis Beasiswa Berdasarkan dari Bentuk Pembiayaan

Posted on

Apakah anda sedang bingung mencari-cari beasiswa apa yang kira-kira bisa anda daftarkan? Mendapatkan beasiswa mempunyai banyak kegunaan dan keunggulan, lho. Namun sebelum saat mendaftar, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu bahwa terdapat lebih dari satu macam beasiswa.

Mengenal macam-macam beasiswa kuliah akan berguna bagi anda untuk memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan kekuatan yang anda miliki. Untuk itu, mari kita kenali beasiswa dari sumber pembiayaan, bentuk pembiayaan, dan cakupan pembiayaan.
Beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan

  1. Beasiswa penghargaan
    Beasiswa ini cuma diberikan kepada anda yang punyai prestasi atau pencapaian akademik terbaik. Indikator dari beasiswa ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa atau biasanya nilai akademik bagi anda yang tetap sekolah. Tidak cuma dari nilai saja, aktif didalam beragam kegiatan non-akademik lainnya terhitung akan jadi tidak benar satu syarat pertimbangan untuk bisa beroleh tipe beasiswa penghargaan.
  2. Beasiswa bantuan
    Beasiswa ini diberikan kepada mereka yang dinilai kurang bisa secara ekonomi, tetapi punyai prestasi akademik baik sehingga diakui layak untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Pihak beasiswa akan meninjau ketidakmampuan finansial calon penerima beasiswa dari lebih dari satu segi layaknya pendapatan orang tua, kuantitas saudara kandung yang sedang menempuh studi, serta pengeluaran dan cost hidup.
  3. Beasiswa penelitian
    Beasiswa ini tawarkan pendanaan untuk penerima yang akan laksanakan penelitian perihal bidang belajar yang sedang dijalani. Sumbernya pun bisa berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang punyai proyek penelitian dan memerlukan tenaga akademis. Jumlah dana dan periode yang ditawarkan terkait pada banyaknya cost yang diperlukan serta lamanya penelitian dilakukan.
  4. Beasiswa non-akademik
    Tidak cuma prestasi akademik saja yang jadi syarat untuk seseorang bisa beroleh beasiswa. Saat ini udah banyak lembaga atau perguruan tinggi yang sedia kan pertolongan pendidikan untuk mereka yang mempunyai prestasi di luar bidang akademik. Misalnya beasiswa olahraga.
  5. Beasiswa ikatan dinas
    Beasiswa ini mensyaratkan para penerimanya untuk mengikat diri dengan ikatan dinas pada pihak sponsor (pemberi beasiswa) sebagai hubungan timbal balik yang untungkan kedua belah pihak. Jika anda beroleh beasiswa ini, kebanyakan anda akan diwajibkan untuk bekerja di lembaga atau perusahaan sponsor didalam jangka waktu tertentu.