Kegunaan Pupuk Kandang Untuk Petani

Posted on

Kegunaan pupuk kandang untuk petani.Di era seperti sekarang ini para petani dituntut untuk menghasilkan produk-produk pertanian organik, namun di sisi lain, petani juga harus berupaya dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian mereka. Untuk dapat menghasilkan produk pertanian organik sekaligus meningkatkan produktivitas hasil pertanian, tentunya pola budidaya tanaman terus mengacu kepada konsep pertanian organik yang berarti hanya dapat menggunakan material organik atau non kimia untuk menjalankan usaha tani.

 Apa sih yang dimaksud dengan pupuk kandang itu? Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang dapat meningkatkan kesuburan tanah yang mengandung unsur hara mikro dan makro. Unsur yang terkandung dalam pupuk kandang cukup potensial sebagai sumber hara pada proses campuran sisa tanaman pada saat proses pengomposan, Salah satu faktor kritis yang perlu dipahami yaitu kandungan nitrogen dalam proses pengomposan dan nisbah C/N dari bahan utama yang dikomposkan.

Kegunaan Pupuk Kandang Untuk Petani

kegunaan pupuk kandang untuk petani

Pupuk kandang ini bisa dikatakan sebagai aset yang paling utama bagi para petani untuk membantu mereka dalam proses membantu kesubururan tanaman.Selain pengolahan dan tahapan pembuatan komposnya yang mudah dengan menggunakan mesin pencacah kompos dan yang tidak terlalu memakan waktu dalam proses pembuatannya,ini akan membantu para petani untuk tidak terlalu menggunakan pupuk-pupuk kimia lainnya.Berikut ini adalah beberapa kegunaan pupuk kandang bagi para petani.

  1. Dapat menyediakan unsur hara makro dan mikro dan memiliki daya ikat ion yang tinggi sehingga akan mengefektifkan bahan – bahan anorganik di dalam tanah.
  2. Mampu menjaga kestabilan pH/struktur tanah tanah.
  3. Pupuk alami mampu memperbaiki struktur tanah dan mengurangi keasaman sehingga pH tanah dapat stabil. 
  4. Tidak membunuh bakteri dan jamur baik pada tanah yang dibutuhkan tanaman dikarenakan tidak semua bakteri merugikan tanaman.
  5. Formulasi organik mampu memberikan kehidupan bagi mikroorganisme baik yang selama ini bersahabat dengan petani.
  6. Aman digunakan dalam porsi besar.
  7. Tidak menyebabkan ketergantungan atau penaikan dosis jika dipakai terus-menerus, produk alami ini justru aman dipakai dalam porsi besar. 
  8.  Pupuk kandang dapat dibagi menjadi berbagai jenis aplikasi yaitu cair dan padat sehingga memudahkan para petani atau pengguna dalam mengaplikasikan pupuk secara langsung terhadap tanaman sesuai kondisi dan bentuk tanaman.

Berdasarkan uraian diatas, maka jelaslah bahwa untuk bisa memenuhi kebutuhan hara makro dan mikro bagi tanaman perlu ditambahkan pupuk organik berupa kompos jerami atau hijauan, pupuk kandang yang sudah matang atau telah difermentasi. Mengapa diperlukan pupuk organic ? Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar lahan pertanian yang dikelola secara intensif memiliki kandungan bahan organik yang lebih rendah yaitu hanya sekitar ≤ 2%, sedangkan kandungan bahan organik tanah yang ideal yaitu sekitar 3 sampai 5%.

 Pemanfaatan sampah organik dan anorganik sangat diperlukan oleh tanaman untuk proses pertumbuhan sampai dan juga untuk melakukan proses produksi. Dimana dari fase pertumbuhan awal sampai panen tanaman membutuhkan hara tersedia, namun proses ini dapat terkendala dengan adanya fiksasi atau pengikatan pada hara yang dominan, sehingga tidak dapat tersedia bagi tanaman. Penambahan pupuk organik kedalam tanah mampu merubah struktur dengan tekstur tanah menjadi lebih baik agar aktivitas mikroorganisme tanah menjadi lebih baik. Penggunaan pupuk organik pada jangka panjang dan berkelanjutan akan menambahkan produktivitas lahan dan mencegah degradasi lahan pertanian.Pupuk organik mampu bertindak sebagai pengikat butiran primer (zat yang tidak tersedia untuk tanaman) menjadi butiran sekunder tanah (zat terlarut dan tersedia untuk tanaman), kondisi seperti ini akan mempengaruhi kapasitas tukar kation tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *